March 04, 2012

Eskapisme Film

Stuck on my bed with a stack pile of dvds to catch up on. Then I decided untuk keluar kamar, memilih untuk nulis di waktu subuh, karena sudah seharian nonton dvd. Sabtu kemarin harus nya saya pergi ke festival musik, saya suka sekali D'Sound, saya ingin sekali nonton D'Sound, sayang nya ngga dapat tiket javajazz.. Zzzzzzzzzzzzzzz...

Saya berpikir bahwa bagi individu tidak hanya perempuan tetapi juga pria yang masih sendiri dan memiliki banyak waktu luang menghabiskan waktu dengan bermodalkan dvd merupakan salah satu cara berjuang melawan kejenuhan dari pekerjaan, perjalanan yg tidak akan pernah lepas dari kemacetan, agar tetap tersadar di tengah riuh nya kehidupan. Pada akhirnya Film dapat menjadi sebuah Eskapisme dari kerutinan hidup kita.

Eskapisme merupakan kehendak atau kecenderungan menghindar dari kenyataan dengan mencari hiburan dan ketentraman di khayal atau situasi rekaan. Jadi dapat di artikan ini merupakan sebuah keadaan atau sikap memasuki alam khayal hiburan untuk melupakan kenyataan yang tidak menggembirakan.

Pertanyaannya adalah, setuju atau tidak bahwa menonton belasan bahkan puluhan dvd merupakan salah satu cara survive dan berupaya agar tetap waras dari kerutinan sehari hari yang mendera.. Hal itu kembali lagi kepada diri masing masing, apakah menonton dvds itu hanya merupakan sebuah sarana menghilangkan kejenuhan atau di jadikan sarana agar mendapatakan SESUATU dari film film tersebut. Sesuatu tersebut bisa berupa kesenangan, makna baru dr kehidupan, atau perjalanan. Tanpa kita sadari Film tentu memberikan banyak atau sedikit pengaruh ke dalam pemikiran kita.

Hari ini saya nonton beberapa Film.. Pagi saya di mulai dengan The Rum Diary, film ini tentang idealisme seorang penulis yang di perankan Johny Deep, dia lebih memilih untuk menulis sesuatu yang dianggap nya benar dari pada menulis untuk sekelompok orang dengan bayaran tinggi yang hanya akan menguntungkan kelompok tersebut. Hhhmm.. sebenarnya ngga ada yg membuat saya terkesima selain acting Johny Deep. Ok ok.. saya bohong, saya terkesima tp dengan Johny Deep nya saja. Nonton Johny Deep terasa bagaikan es campur di bulan puasa, begitu menyegarkan.. Hehe..

Walaupun Film tersebut tidak membuat saya terkesima tetapi pada akhirnya ada sesuatu yang saya dapat dr film itu yaitu menulis. Karena setelah nonton film itu saya jadi teringat salah satu kutipan dari penulis sastra Indonesia terkenal, yang membuat saya ingin menulis..

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah." "Menulis adalah bekerja untuk keabadian"
-Pramoedya Ananta Toer-


No comments: